Cara Membuat Daftar Isi Otomatis pada Lembar Kerja Microsoft Word
Assalamualaikum Warrahmatullah Wabarakatuh,
Apa kabar teman pembaca?
Semoga selalu dikaruniai kesehatan ya. Amin.
Hari ini kita akan membahas tentang cara pembuatan daftar isi otomatis pada lembar kerja microsoft office word.
Sebenarnya penulis sendiri hanyalah seorang pemula untuk bidang-bidang seperti ini, namun dengan pengalaman yang sedikit ini akan bermanfaat bila kita bisa berbagi.
Dalam pembuatan buku, paper, makalah, laporan, hingga skripsi selalu ada dibutuhkan daftar isi untuk mempermudah pembaca menemukan bagian-bagian tertentu.
Terkadang orang-orang yang tergolong baru mungkin menganggap pembuatan daftar isi merupakan bagian akhir atau lebih tepatnya bagian yang tidak terlalu difikirkan sehingga penulisannya kerapkali dibuat dengan cara manual.
Penulisan daftar isi secara manual merupakan sebuah kerja yang bisa dibilang boros waktu karena harus kembali mengetik judul-judul besar dalam sebuah tulisan. Belum lagi jika ada halaman yang berubah.
Lalu bagaimana solusinya????
Mungkin langsung saja ke intinya tentang pembuatan daftar isi otomatisnya.
Hal-hal yang harus kita pahami sebelum pembuatan daftar isi otomatis ini adalah tentang “penggunaan sistem heading” dan “pembuatan halaman yang berbeda dalam satu lembar kerja”.
Disini penulis tidak akan kembali menjelaskan dua materi tersebut. Jika teman-teman semua belum memahami fungsi heading dan pembuatan halaman silahkan teman-teman pembaca membuka kembali artikel di blog ini tentang Memanfaatkan Fungsi Heading dalam Menulis di Office Word dan Cara Membuat Halaman Dengan Huruf Romawi dan Angka dalam Satu Lembar Kerja.
Baiklah langsung saja kita siapkan bahan-bahannya. Hahahahah (kayak mau masak aja ya)
1. Buka lembar kerja teman-teman yang akan dibuat daftar isinya (Laporan, skripsi, buku, dsb). Pastikan sudah menggunakan fungsi heading dan sudah dibuat halaman.
2. Posisikan kursor pada halaman yang ingin diletakkan daftar isi. Lalu klik “references” pilih “Table of Contents” lalu pilih “Insert Table of Contents”.
Setelah itu akan mucul kotak dialog seperti dibawah.
Tentukan jumlah level heading sesuai yang kita buat sebelumnya pada “Show levels” lalu klik “OK”.
3. Taaaaaraaa. Daftar isi selesai beserta halamannya sekali.
Terus gimana kalau ada halaman yang berubah?
Apakah harus diulang dari awal?
Jawabannya tentu “Tidak”.
Teman-teman cukup mengupdate dafta isinya.
Caranya?
- Klik kanan pada bagian daftar isi (Juga bisa melalui menu References-Table of Contents)
- Klik Update Field
Lalu akan muncul sebuah kotak dialog, Klik OK.
Sekian lah yang bisa penulis sajikan.
Kritik dan saran silahkan tinggalkan dikomentar untuk ilmu kita semua.
Semoga bermanfaat.
Assalamualaikum Warrahmatullah Wabarakatuh.
0 komentar: