Cara membuat Halaman Dengan Huruf Romawi dan Angka dalam Satu Lembar Kerja

23.02 Unknown 0 Comments

Assalamualaikum Warrahmatullah wabarakatuh. 

Halaman merupakan bagian penting dalam sebuah lembar kerja. Dengan adanya halaman, seseorang bisa lebih mudah mengetahui posisi sebuah judul bacaan dalam satu buku atau karya tulis lainnya. Halaman juga bisa dijadikan penanda bagi para pembaca-pembaca komik. 

Faktanya, dalam sebuah karya tulis (seperti buku) memiliki halaman yang banyak dan terdiri dari jenis angka yang berbeda (angka dengan huruf romawi pada bagian depan dan angka biasa pada isi buku). Mungkin jika dikerjakan pada lembar kerja yang berbeda hal itu tidak menjadi sebuah permasalahan. Namun bagaimana jika kita menginginkan semuanya tergabung dalam satu file? Mungkin bagi yang punya uang lebih tinggal minta ketikkan di tempat-tempat pengetikan, beres. Namun apakah selamanya kita mau menjadi orang yang bergantung? 

Apakah bisa? 

Apakah sulit? 

Bagaimana caranya? 

Hahahahaha. Tenang aja, dibawah ini nanti akan disajikan tutorial tentang pembuatan halaman dengan huruf romawi dan angka dalam satu lembar kerja. 

Cara-cara yang harus dikerjakan: 

1. Buka lembar kerja word yang akan dibuat halamannya (Misalnya skripsi, buku, atau semacamnya. 


2. Kemudian kilik insert dan pilih page number, maka akan keluar tampilan untuk menentukan posisi halaman sesuai keinginan kita. 


Disini penulis menggunakan posisi pada bagian pojok kanan bawah pada tiap lembar kerja. 


Maka akan muncul halaman pada lembar kerja seperti gambar dibawah. 


Semua halaman terdiri dari angka. Lalu bagaimana cara merubahnya menjadi huruf romawi? 

3. Sebenarnya untuk merubah format merupakan hal yang mudah, namun bila hal itu dilakukan maka secara keseluruhan halaman akan berubah format menjadi huruf romawi. Lalu solusinya? 

4. Dalam hal ini kita harus memisahkan setiap bab dengan menggunakan fungsi ‘next page’. Hal ini berguna agar format yang kita terapkan pada satu halaman kerja tidak berpengaruh terhadap halaman lainnya. Posisikan cursor pada tiap kepala bab yang akan dipisahkan, seperti kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, bab 1, bab 2, dan seterusnya yang dianggap penting untuk dipisahkan. Klik “Page Layout”pilih “Breaks” dan Pilih “Next Page”. 


5. Setelah halaman yang dirasa perlu untuk dipisahkan dibuat, maka saatnya untuk merubah format halaman. Double klik pada bagian halaman yang akan dirubah formatnya, lalu pih page number, disana teman-teman pilih bagian format page number. 


Maka akan muncul tampilan seperti berikut. 


Bagian pertama untuk merubah format huruf halaman, dan bagian kedua untuk membuat halaman dimulai dari huruf atau angka berapa. 


6. Setelah format dirubah, maka halaman yang kita pilih tadi sudah menggunakan huruf romawi sebagai angkanya. Lakukan hal yang sama untuk halaman berikutnya yang ingin kita rubah dan pastikan urutan halamannya dengan merubah “start at” pada gambar no 2 dibawah. 


7. Halaman dengan dua format dalam satu file sudah jadi, hal terakhir yang dibuat adalah menghilangkan halaman pada tiap bab/judul besar. Caranya Double klik pada bagian halaman yang akan dihilangkan. Pada bagian “Design” centang “Different First Page”. Maka halaman pada bagian awal bab akan menghilang sedangkan yang lainnya tetap ada. 




Itu tadi tutorial singkat tentang cara membuat halaman dengan huruf romawi dan angka dalam satu lembar kerja. 

Silahkan tinggalkan kritik dan saran di kolom komentar agar kita bisa saling melengkapi. 

Semoga bermanfaat. 

Assalamualaikum Warrahmatullah Wabarakatuh.

You Might Also Like

0 komentar: